Sport News official blog | Members area : Register | Sign in

Ancaman sanksi FIFA untuk Swiss

Minggu, 18 Desember 2011

Share this history on :
Yokohama - Swiss terancam sanksi dilarang berpartisipasi di seluruh kegiatan sepakbola oleh FIFA. Ancaman hukuman berat tersebut muncul karena pelanggaran aturan yang dilakukan klub FC Sion.

Ancaman sanksi pada Swiss muncul setelah Sion, klub yang berlaga di Swiss Super League, dianggap melanggar aturan otoritas sepakbola dunia tersebut. Mereka tetap melakukan pembelian pemain meski masih dalam periode hukuman larangan melakukan transfer.

Embargo terhadap Sion dijatuhkan UEFA setelah klub tersebut dianggap melakukan pelanggaran saat mendatangkan kiper asal Mesir, Essam El Hadary. Sebagai catatan, di musim panas lalu Sion malah mendatangkan enam pemain baru, saat berada dalam periode hukuman selama satu tahun.

Untuk menghindari jatuhnya sanksi larangan berpartisipasi di semua event milik FIFA, petinggi Asosiasi Sepakbola Swiss rencananya akan melakukan pertemuan dengan FIFA pekan depan.

Sementara itu kubu Sion, seperti diberitakan Yahoosports, menyatakan akan bertahan pada pendiriannya dan berencana menempuh jalur hukum. Klub tersebut juga menyatakan akan menuntut UEFA karena mencabut keikutsertaan di Liga Europa karena menurunkan pemain ilegal.

FIFA sudah meminta otoritas sepakbola Swiss untuk menjatuhkan hukuman larangan bertanding pada enam pemain Sion yang dibeli saat masih dalam masa hukuman tersebut.

"Sebagai konsekuensinya, seluruh pertandingan di mana pemain yang terkait diturunkan maka harus dibatalkan atau poinnya dikurangi. Jika batas waktu yang ditetapkan tidak dipenuhi, Asosiasi Sepakbola Swiss akan secara otomatis akan di hukum mulai 14 Januari 2012," demikian pernyataan FIFA usai menggelar rapat komite eksekutif di Jepang.

Jika Swiss benar dijatuhi hukuman, FC Basel dipastikan akan kehilangan tempat mereka di babak 16 besar Liga Champions. Basel dalam undian yang dilakukan Jumat (16/12/2011) kemarin akan berhadapan dengan Bayern Munich.

Media-media inggris menyebut tercoretnya Basel akan membuka peluang Manchester United menggantikan posisi mereka di babak knock out. Sama-sama tergabung di Grup C, Basel berhak lolos setelah mengumpulkan 11 poin, sementara MU berada di urutan tiga dengan sembilan poin.

Namun media lain menyebut kalau The Bavarian akan dapat 'bye' jika Basel akhirnya dinyatakan dicoret.


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : alioman05@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar